"berbagi MANFAAT berbagai CARA"

6 Manfaat Tersembunyi Tidur (siang maupun malam) Yang Harus Anda Tau!



Tidur merupakan kebututuhan setiap manusia. Jika porsi tidur tak tercukupi dengan baik, maka kesehatanpun bisa jadi taruhannya. Tidur haruslah cukup, tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Tidur juga harus teratur. Misalnya tidur setiap jam 9 malam dan bangun setiap jam 3 pagi. 
manfaat tidur siang mapun malam
manfaat tidur siang mapun malam
Kebutuhan tidur setiap orang sebenarnya berbeda-beda. Tergantung kondisi kesehatan maupun vitalitas setiap orang. Bagi yang sedang merasa kecapekan, tidur 6 jam mungkin dirasa terlalu sedikit. Namun saat kondisi tubuhnya normal, tidur 6 jam bisa dirasa cukup.
Setelah tidur, tubuh akan terasa segar ketika bangun. Tenaga yang tadinya hilang pun akan terisi kembali. Tapi, apakah hanya itu manfaat tidur (siang malam) bagi manusia? Setidaknya ada 6 manfaat penting tidur (siang malam) bagi tubuh kita. Apa saja itu?
1.     Meningkatkan kemampuan belajar
Saat kita tidur, aktivitas berpikir kita memang terhenti. Namun bukan berarti otak kita berhenti bekerja. Saat tidur otak melakukan proses konsolidasi, yaitu mempelajari hal-hal baru yang terjadi hari ini dan mencari solusi atas masalah yang belum kita mengerti.
Saat kita mempelajahi hal-hal baru baik bersifat fisik maupun mental, kita butuh latihan untuk menguasainya secara maksimal. Latihan ini bisa dilakukan saat tidur. Ketika bangun tidur, ingatan kita akan lebih kuat dalam mengingat hal yang abru kita pelajari.
2.     Memperpanjang umur
Sebuah studi pada tahun 2010 menyatakan bahwa wanita berumur 50-70 tahun yang tidur kurang dari 5 jam per hari cenderung berumur lebih pendek. Hal ini sangat bertolakbelakang dengan wanita berumur sama yang tidur cukup antara 6-8 jam per hari.
3.     Meredakan inflamasi
Inflamasi atau peradangan merupakan salah satu respon utama dari sistem kekebalan tubuh kita dari infeksi maupun iritasi. Jika tak segera diatasi, inflamasi dapat menyebabkan seranganjantung, stroke, diabetes, arthritis dan penuaan dini. Riset membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam per hari lebih beresiko terkena peradangan protein darah lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur 7-8 jam perhari. Selain itu orang dengan gangguan apnea dan insomnia juga lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi.
4.     Meningkatkan Kreativitas
Saat tidur, otak bekerja memperkuat komponen emosional memori. Rupanya kerja otak yang terjadi saat kita tidur dapat membantu memacu proses kreativitas. Selain mengkonsolidasikan daya ingat, saat tidur otak juga berfungsi untuk mengatur semua informasi yang masuk menjadi lebih teratur. Jadi jika kita kehilangan ide saat mengerjakan sesuatu, cobalah tidur sejenak. Setelah bangun, ide-ide brillian pasti akan bermunculan.
5.     Menjaga berat badan ideal
Anda yang sedang menjalani program diet, maka wajib bagi anda untuk tidur cukup waktu. Tidur yang cukup rupanya mampu memangkas lemak Anda hingga 56% loh.
6.     Responsive
Penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi yang mengantuk. Mengantuk dapat menyebabkan seseorang kurang fokus dan tidak cepat dalam merespon suatu keadaan. Mengemudi saat mengantuk akan sama bahayanya dengan mengemudi dalam, keadaan mabuk. Jika Anda mengantuk saat mengemudi, cobalah istirahat dan tidu sebentar.

Bantu share ya jika artikel ini bermanfaat. Agar semakin banyak pula yang merasakan manfaatnya. Mari berbagi manfaat berbagai cara!

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "6 Manfaat Tersembunyi Tidur (siang maupun malam) Yang Harus Anda Tau!"

Back To Top